RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan     : SD Negeri Plaosan 1
Kelas/ Semester           : IV/ 2
Tema/ Subtema           : Menghargai Jasa Pahlawan/ Perjuangan Pahlawanku
Pembelajaran ke-        : 1
Alokasi Waktu            : 8 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
PPKn
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1  Menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga negara pada masa perjuangan kemerdekaan
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1  Menuliskan tindakan yang mencerminkan kewajiban sebagai warga negara di lingkungan rumah dan sekolah
2.1  Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.1.1  Percaya diri dalam meneladani sikap pahlawan unruk melaksanakan hak dan kewajiban
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah  Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2.1  Mendoakan para pahlawan dengan sukarela sebagai ungkapan terima kasih
2.
Bahasa Indonesia
3.5  Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1  Mencari informasi dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan
4.5  Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1  Membaca teks ulasan dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan
2.5  Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5.1  Jujur dalam menyampaikan informasi tentang perjuangan para pahlawan

1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.1.2  Menyampaikan rasa bangga atas bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa
3.
Seni Budaya dan Prakarya
3.3  Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.3.1  Menunjukkan panjang-pendek bunyi dengan gerak tangan pada lagu perjuangan
4.6  Memainkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek bunyi
4.6.1 Menggerakkan tangan sesuai pola irama lagu birama empat
2.1       Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.1.1 Berani mengekspresikan diri dalam menciptakan suatu karya seni
1.1   Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
1.1.2 Mengagumi hasil karya seni Indonesia dengan menunjukkan salah satu contohnya

C.    Tujuan Pembelajaran
PPKn
3.2.1.1 Siswa mampu menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga negara pada masa perjuangan kemerdekaan melalui membaca teks masing-masing dua contoh
4.2.1.1  Siswa mampu menuliskan tindakan yang mencerminkan kewajiban sebagai warga negara di lingkungan rumah dan sekolah melalui diskusi minimal dua tindakan
2.1.1.1 Siswa mampu percaya diri dalam meneladani sikap pahlawan untuk melaksanakan hak dan kewajiban melalui refleksi tanpa membaca teks
1.2.1.1  Siswa mampu mendoakan para pahlawan dengan sukarela sebagai ungkapan terima kasih melalui menulis doa tanpa meniru
Bahasa Indonesia
4.5.1.1  Siswa mampu membaca teks ulasan dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan melalui membaca buku minimal satu sumber bacaan
3.5.1.1 Siswa mampu mencari informasi dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan melalui penemuan minimal satu sumber
2.5.1.1  Siswa mampu jujur dalam menyampaikan informasi tentang perjuangan para pahlawan melalui berbicara tanpa melihat teks
1.1.2.1  Siswa mampu menyampaikan rasa bangga atas bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa melalui menulis refleksi minimal dua alasan
Seni Budaya dan Prakarya
3.3.1.1  Siswa mampu menunjukkan panjang-pendek bunyi dengan gerak tangan pada lagu perjuangan melalui diskusi minimal satu lagu
4.6.1.1  Siswa mampu menggerakkan tangan sesuai pola irama lagu birama empat melalui praktek minimal satu lagu
2.1.1.1  Siswa berani mengekspresikan diri dalam menciptakan suatu karya seni melalui menulis syair lagu minimal tiga baris lagu
1.1.2.1 Siswa mampu mengagumi hasil karya seni Indonesia dengan menunjukkan salah satu contohnya melalui menyanyi lagu perjuangan tanpa melihat teks

D.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media
2.      Alat
3.      Sumber Belajar

E.     Materi Pembelajaran
1.      Materi Pokok
a.       PPKn : Hak dan kewajiban sebagai warga negara
b.      Bahasa Indonesia : Cerita perjuangan pahlawan kemerdekaan
c.       Seni Budaya dan Prakarya : Lagu-lagu perjuangan
2.      Rincian Materi (terlampir)

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                   : Tematik Integratif dan Pendekatan Saintifik
2.    Metode Pembelajaran   : ceramah, membaca, menulis, praktek, menyanyi, presentasi, diskusi, refleksi

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Penggalan 1
a.       Kegiatan Awal
1)      Salam - Doa
2)      Pengantar
3)      Apersepsi :
Guru bertanya tentang akitivitas siswa selama liburan kelas. Kemana mereka berkunjung atau apa yang mereka lakukan. Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai museum. Adakah diantara siswa yang pernah ke museum. Lalu apa yang dilihat di sana. Bagaimana menurut mereka. Lalu apakah juga ada yang  pernah berkunjung ke museum kemerdekaan. Apakah mereka tahu tokoh-tokoh yang memperjuangkan, siapa saja? Bagaimana? Dan sebagainya.
4)      Motivasi :
Siswa diajak menyanyikan lagu “Hari Kemerdekaan” sambil berdiri dan bersikap dengan baik.
5)      Orientasi:
Guru menanyakan pada siswa bagaimana perasaan mereka setelah menyanyikan lagu tersebut. Lalu apa makna lagu tersebut? Bagaimana sikap kita? Dan sebagainya.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mengamati gambar-gambar para pahlawan kemerdekaan yang disajikan guru.
2)      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai gambar-gambar tersebut.
3)      Siswa membaca teks tentang cerita perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan.
4)      Siswa mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam buku.
5)       Siswa kemudian dibagi dalam kelompok. Lalu masing-masing berkumpul dengan kelompoknya untuk mendiskusikan hasil pekerjaan mereka masing-masing. Saling bertukar pendapat serta memberikan masukan atau tanggapan pada siswa lain.
6)      Siswa mendiskusikan pula tentang isi informasi serta menyebutkan hak dan kewajiban yang seperti apa yang tertera dalam teks bacaan.
7)      Siswa saling menyampaikan informasi yang didiskusikan dalam kelompok secara klasikal lalu kelompok lain memberikan tanggapan.
8)      Siswa kembali duduk di tempat masing-masing.
9)      Siswa mengamati sebuah lagu perjuangan yang ditampilkan guru.
10)  Siswa mengamati guru saat mencontohkan cara membaca notasi lagu tersebut sambil menunjukkan notasinya.
11)  Siswa secara bersama-sama menirukan guru untuk membaca notasi lagu.
c.       Kegiatan Penutup
1)      Guru menyampaikan feedback berupa tanggapan mengenai proses yang dilalui siswa.
2)      Guru meluruskan kesalah pahaman yang terjadi.
3)      Guru mempersilakan siswa untuk beristirahat.
-ISTIRAHAT-
2.      Penggalan 2
a.       Kegiatan Awal
1)      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai aktivitas siswa selama istirahat.
2)      Siswa kembali difokuskan pada kegiatan belajar selanjutnya.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa kembali melihat lagu yang dipelajari sebelumnya lalu dicontohkan cara menggerakkan tangan sesuai tinggi-rendah nada dalam lagu.
2)      Siswa kembali menirukan guru untuk menggerakkan tangan sesuai tinggi rendah nada.
3)      Siswa melakukan kombinasi gerakan tangan sambil menyanyikan lagu.
4)      Siswa kembali duduk lalu melaksanakan kegiatan belajar selanjutnya yaitu mengingat-ingat cerita tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
5)      Siswa menuliskan kembali dengan kata-katanya sendiri cerita yang sudah mereka baca.
6)      Siswa menyampaikan secara bergantian hasil tulisan mereka tentang cerita perjuangan secara singkat tanpa membaca teks.
c.       Kegiatan Penutup
1)      Guru menanyakan apa saja yang sudah dipelajari sampai saat ini. Lalu memberikan feedback serta meluruskan kesalahpahaman yang terjadi.
2)      Guru mempersilakan siswa untuk beristirahat.
-ISTIRAHAT-
3.      Penggalan 3
a.       Kegiatan Awal
1)      Guru menanyakan bagaimana istirahat para siswa.
2)      Guru kembali memfokuskan siswa untuk belajar.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa melanjutkan kegiatan belajar sebelumnya apabila belum selesai.
2)      Siswa kemudian kembali pada lagu perjuangan yang dipelajari siswa.
3)      Siswa berkumpul kembali dalam kelompok lalu secara bergantian antar kelompok menyanyikan lagu tersebut di depan kelas dikombinasi dengan gerakan tangan.
4)      Dilanjutkan dengan kelompok lainnya sampai selesai.
5)      Siswa bersama guru secara klasikal menyanyikan lagu tersebut sambil menggerakkan tangannya.
c.       Kegiatan Penutup
1)      Siswa dan guru merangkum pembelajaran sepanjang hari ini.
2)      Guru meluruskan kesalah pahaman yang terjadi.
3)      Siswa mengerjakan evaluasi harian.
4)      Siswa menulis refleksi harian secara singkat.
5)      Siswa mencatat tugas rumah yaitu mencari dan membaca teks informasi tentang perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
6)      Doa penutup.
7)      Salam










H.    Penilaian

A.     Muatan Pelajaran: PKn
1.      Pengetahuan
Indikator
3.2.1    Menyebutkan hak dan kewajiban sebagai warga negara pada masa perjuangan kemerdekaan
Teknik Penilaian
Tes tulis
Instrumen
Soal dan Kunci jawaban

Soal:
Tuliskan tindakan apa yang tercermin dari bacaan tentang pahlawan tersebut?
Kunci Jawaban:
1.       Gigih
2.       Pribadi yang besar
3.       Menggunakan strategi melawan penjajah
4.       Memimpin pengikutnya
5.       Menggerakkan pengikutnya
6.       Menyemangati untuk mencapai tujuan bersama
7.       Memperjuangkan kemerdekaan sampai akhir hayat
8.       Memiliki jiwa kepemimpinan
9.       Memiliki hati yang bersih
10.   Membela kehormatan keluarga, kerajaan, rakyat, dan bangsanya

Rubrik Penilaian:
No.
Nama Siswa
Nilai
(jawaban benar x 10)
Predikat
1.



2.



3.




Dst.



Pedoman penskoran:
Skala 100
Predikat
86-100
A
81-85
A-
76-80
B+
71-75
B
66-70
B-
61-65
C+
56-60
C
51-55
C-
46-50
D+
0-45
D


2.      Keterampilan
Indikator
4.2.1    Menuliskan tindakan yang mencerminkan kewajiban sebagai warga negara di lingkungan rumah dan sekolah
Teknik Penilaian
Performance atau kinerja
Instrumen
Tugas

Tugas:
Tuliskan tindakan yang mencerminkan kewajiban sebagai warga negara di lingkungan rumah maupun di sekolah! Bisa disertai dengan gambar!

Rubrik Penilaian & Pedoman penskoran:
Aspek yg dinilai
Total aspek yg terpenuhi
Skala 4
Predikat
(1)Memperhatikan penulisan,
(2)kerapian,
(3)tanda baca,
(4)ketepatan isi,
(5)logika berpikir,
(6)memberikan contoh kongkrit,
(7)jawaban lebih dari 2,
(8)menyertakan gambar,
(9)penggunaan huruf, (10)ketepatan penulisan
10
4
A
9
3.66
A-
8
3.33
B+
7
3.00
B
6
2.66
B-
5
2.33
C+
4
2
C
3
1.66
C-
2
1.33
D+
1
1
D

3.      Sikap Sosial
Indikator
2.1.1    Percaya diri dalam meneladani sikap pahlawan untuk melaksanakan hak dan kewajiban
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
Lembar pengamatan sikap

Tugas:
Lakukan tugas-tugasmu di kelas atau di sekolah serta di rumah dengan baik!

Lembar Pengamatan Sikap:
No.
Nama Peserta Didik
Perilaku yg diamati
(percaya diri)
Sikap
1.



2.



3.




Dst.







Pedoman penskoran:
Percaya diri dalam sehari
Skala
Sikap
Keterangan
Tidak terlihat ragu-ragu
4
SB
Sangat Baik
Terlihat ragu-ragu
3
B
Baik
Memerlukan bantuan guru
2
C
Cukup/ sedang
Belum menunjukkan keberanian
1
K
kurang

4.      Sikap Spiritual
Indikator
1.2.1    Mendoakan para pahlawan dengan sukarela sebagai ungkapan terima kasih
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
Lembar Pengamatan

Tugas:
Berdoalah setiap kamu akan melakukan kegiatan!

Lembar Pengamatan:
No.
Nama Peserta Didik
Perilaku yg diamati
(berdoa)
Sikap
1.



2.



3.




Dst.



Rubrik Penilaian & Pedoman penskoran:
Perilaku berdoa
Skala
Sikap
Keterangan
Selalu melakukan doa sebelum & sesudah kegiatan
4
SB
Sangat Baik
Sering melakukan doa sebelum & sesudah kegiatan
3
B
Baik
Kadang-kadang melakukan doa sebelum & sesudah kegiatan
2
C
Cukup/ sedang
Tidak melakukan doa sebelum & sesudah kegiatan
1
K
kurang

B.     Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
1.      Pengetahuan
Indikator
1.5.1    Mencari informasi dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan
Teknik Penilaian
Tes lisan
Instrumen
Pertanyaan lisan


Soal:
Apa informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks tentang si Pitung?
Kunci Jawaban:
Pitung  merupakan pendekar asli Indonesia yang berasal dari daerah Betawi.
Pitung rajin mengaji dan saleh.
Pitung suka membela kebenaran.
Pitung mementingkan urusan orang banyak dibandingkan dirinya sendiri.
Pitung adalah pendekar yang unggul.

Rubrik Penilaian:
No.
Nama Siswa
Nilai
(setiap informasi benar bernilai 1-20)
Predikat
1.



2.



3.




Dst.



Pedoman penskoran:
Skala 100
Predikat
86-100
A
81-85
A-
76-80
B+
71-75
B
66-70
B-
61-65
C+
56-60
C
51-55
C-
46-50
D+
0-45
D

2.      Keterampilan
Indikator
4.5.1    Membaca teks ulasan dari buku perjuangan pahlawan kemerdekaan
Teknik Penilaian
Performance atau kinerja
Instrumen
Tugas

Tugas:
Carilah informasi mengenai pahlawan dari buku di perpustakaan, lalu tuliskan yang kamu peroleh setelah membacanya!





Rubrik Penilaian & Pedoman penskoran:
Aspek yg dinilai
Skala 4
Predikat
(1) banyaknya pahlawan yang dibaca
(2) isi informasi
(3) terdapat profil secara lengkap
(4) penulisan nama hingga asal
(5) kisah perjuangan secara singkat
4
A
3.66
A-
3.33
B+
3.00
B
2.66
B-
2.33
C+
2
C
1.66
C-
1.33
D+
1
D

3.      Sikap Sosial
Indikator
2.5.1       Jujur dalam menyampaikan informasi tentang perjuangan para pahlawan
Teknik Penilaian
Penilaian antarteman
Instrumen
Kolom penilaian oleh teman

Tugas:
Sampaikan secara singkat informasi yang kamu peroleh pada teman-temanmu!

Lembar Penilaian:
No.
Nama Teman
Skala Perilaku
Sikap
4
3
2
1
1.






2.






3.







Dst.






Rubrik Penskoran & Pedoman penskoran:
Kriteria Jujur
Skala
Sikap
Keterangan
Tindakan selalu sesuai ucapan
4
SB
Sangat Baik
Tidakan kadang-kadang sesuai ucapan
3
B
Baik
Tindakan kurang sesuai ucapan
2
C
Cukup/ sedang
Tindakan tidak sesuai ucapan
1
K
kurang

4.      Sikap Spiritual
Indikator
1.1.2       Menyampaikan rasa bangga atas bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
Lembar pengamatan

Tugas:
Gunakanlah bahasa Indonesia sebagai rasa banggamu!

Lembar Pengamatan:
Nama:......
No
Perilaku yang diamati
Teramati ()
Skor
Sikap
1.
Selalu menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur



2.
Sering menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur



3.
Kadang-kadang menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur



4.
Tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur




Rubrik penilaian & Pedoman penskoran:
Perilaku syukur
Skala
Sikap
Keterangan
Selalu menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur
4
SB
Sangat Baik
Sering menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur
3
B
Baik
Kadang-kadang menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur
2
C
Cukup/ sedang
Tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud syukur
1
K
kurang

C.      Muatan Pelajaran: Seni Budaya dan Prakarya
1.      Pengetahuan
Indikator
3.3.1  Menunjukkan panjang-pendek bunyi dengan gerak tangan pada lagu perjuangan
Teknik Penilaian
Tes tertulis
Instrumen
Soal & Kunci Jawaban

Soal:
Apa arti dari masing-masing symbol pada lagu tersebut?

Kunci Jawaban:
Notasi angka: do-re-mi-fa-sol-la-si
Titik di belakang angka: perpanjangan ketukan
Titik di atas angka: nada tinggi
Garis bar: batas yang menunjukkan birama lagu
0 merupakan tanda diam



Rubrik Penilaian:
No.
Nama Siswa
Nilai
(setiap jawaban benar bernilai 1-20)
Predikat
1.



2.




Dst.



Pedoman penskoran:
Skala 100
Predikat
86-100
A
81-85
A-
76-80
B+
71-75
B
66-70
B-
61-65
C+
56-60
C
51-55
C-
46-50
D+
0-45
D

2.      Keterampilan
Indikator
4.6.1  Menggerakkan tangan sesuai pola irama lagu birama empat
Teknik Penilaian
Performance atau kinerja
Instrumen
Tugas

Tugas:
Gerakkan tanganmu sesuai pola birama pada lagu!

Rubrik Penilaian & Pedoman penskoran:
Aspek yg dinilai
Skala 4
Predikat
(1)   gerakan tangan tidak kaku
(2)   pola gerakan tepat
(3)   gerakan sesuai dengan ketukan lagu atau biramanya
(4)   gerakan tangan tidak berlebihan

4
A
3.66
A-
3.33
B+
3.00
B
2.66
B-
2.33
C+
2
C
1.66
C-
1.33
D+
1
D


3.      Sikap Sosial
Indikator
2.1.1  Berani mengekspresikan diri dalam menciptakan suatu karya seni
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
Lembar pengamatan

Tugas:
Gerakkan tanganmu sesuai dengan lagu!

Lembar Pengamatan:
Nama:......
No
Perilaku yang diamati
Teramati ()
Skor
Sikap
1.
Tidak terlihat ragu-ragu



2.
Terlihat ragu-ragu



3.
Memerlukan bantuan guru



4.
Belum menunjukkan keberanian




Rubrik penilaian & Pedoman penskoran:
Percaya diri dalam sehari
Skala
Sikap
Keterangan
Tidak terlihat ragu-ragu
4
SB
Sangat Baik
Terlihat ragu-ragu
3
B
Baik
Memerlukan bantuan guru
2
C
Cukup/ sedang
Belum menunjukkan keberanian
1
K
kurang

4.      Sikap Spiritual
Indikator
1.1.2  Mengagumi hasil karya seni Indonesia dengan menunjukkan salah satu contohnya
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
Lembar pengamatan

Tugas:
Nyanyikan lagu pahlawan lainnya yang kamu ketahui sebagai wujud syukurmu!

Rubrik penilaian & Pedoman penskoran:
Perilaku syukur
Skala
Sikap
Keterangan
Selalu menyanyi dengan benar sebagai wujud rasa syukur
4
SB
Sangat Baik
Sering menyanyi dengan benar sebagai wujud rasa syukur
3
B
Baik
Kadang-kadang menyanyi dengan benar sebagai wujud rasa syukur
2
C
Cukup/ sedang
Tidak menyanyi dengan benar sebagai wujud rasa syukur
1
K
kurang


0 komentar:

Posting Komentar